KWT Desa Penyalahan Jatinegara Tegal

 Perempuan Desa Penyalahan Ciptakan Usaha Tani
- Omset 2,4 juta perbulan

SLAWI, 3 Januari 2015.



Perempuan ternyata tidak hanya di kegiatan privat rumah sebagai Ibu rumah tangga, dan perempuan bukan sekedar mendidik anak. Ternyata  jika perempuan disatukan mempunyai potensi luar biasa menjadi kekuatan perubahan dimasa depan. Seperti  halnya yang dilakukan KWT (Kelompok Wanita Tani) dengan nama “Giat Kerja” desa Penyalahan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Khaeriyah Ketua KWT “Giat Kerja” mengatakan” kelompok perempuan desa yang berbasis pertanian beranggotakan 41 wanita. Kelompok ini berdiri pada februari tahun 2013, awal kelompok ini berangkat dari solidaritas kebersamaan wanita kami. Ada yang menganggur didesa dan ada beberapa lahan kosong, kebetulan ada program dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten tegal. Setelah itu kami mengorganiser wanita desa, kemudian muncul ide untuk membentuk perempuan kelompok wanita. Setelah kami langsung terjun memunculkan gagasan menjadi ide kepada teman-teman sesama perempuan,” Kata Khaeriyah.

Khaeriyah menjelaskan,” Tujuannya KWT ada di desa kami  ingin memberdayakan peluang dengan menambah penghasilan keluarga, sisi lain juga memanfaatkan potensi lahan pekarangan menjadi berguna dan terpenting lagi yaitu peningkatan kualitas warga terutama perempuan desa. Pogram yang sudah kami laksanakan membuat rak tanaman sayuran” Kata Khaeriyah.

“Tanaman sayur berupa diantaranya;  jezim, cabai, kol, wortel, kangkung, tomat, terong, bawang teropong dipekarangan kosong dan ditanam didepan rumah warga, sekolah dan masjid milik desa. Kami juga memproduksi makanan dari  bahan singkong dibuat tepung Mocaf untuk roti bolu, bronis, donat, mie, puding, lapis, kerupuk renggining. Ada lagi tepung talas  dibuat untuk makanan jajanan nastar, bronis, dan cake.” Kata Khaeriyah

Kelompok KWT kami juga mempunyai usaha kecil tersebut dengan modal 200 ribu perminggu untuk 600 ribu jadi  seandainya perbulan omset KWT bisa 2. juta 400 ribu rupiah. Rencana sisa untuk simpan uang kas untuk pemasukan anggaran pertemuan tiap bulan misal arisan. Rencana kedepan akan membuat koperasi simpan pinjam khusus perempuan.


Pengirim Khaeriyah (081911531711)

No comments:

Entri Populer