Ciptakan 2% Pengusaha Indonesia




Bandung,  Nesw online,  21/5/12
BBPPK (Balai Besar Pengembangan dan Perluasan  Kerja) Lembang Bandung  mengadakan pelatihan pendamping masyarakat. Bimtek Nasional ini untuk menggodog para calon pendamping (fasilitator) dari binaan Kemenakertrans yang nantinya didik menjadi pendamping untuk membantu penyerapan tenaga kerja di seluruh tanah air.

Bimbingan Teknik pendampingan ini dikenal dengan TOT (Trainer of Trainer for fasilitator). Diikuti oleh unsur masyarakat, pengusaha, UKM, LSM, dan PNS serta mitra kerja Kemenakertrans di seluruh Indonesia. Sebanyak 40 orang dengan sasaran pelaku pendamping dan UKM di seluruh Indonesia sebagai percontohan bagi masyarakat dengan perubahan visi dan misi membangun percapaian pertumbuhan nilai ekonomi

Kegiatan pendampingan dengan tujuan menciptkan pertumbuhan  penyerapan tenaga kerja, sebagai solusi pengentasan pengangguran yang tiap tahun meningkat jumlahnya, pengusuaha dari 0,2 % menjadi 2 % dari jumlah warga di Indonesia. Sehingga pengangguran yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tanpa diimbangi dengan lapangan kerja dan unit unit kerja di daerah daerah. baik lulusan formal maupun informal.

Bimbingan teknik yang selain mencetak kader pendamping UKM, selain itu juga bisa menjadikan penggerak penyerapan tenaga kerja di daerah-daerah asal setelah pulang dari Bimtek yang dilakanakan 21-29 di BBPPK Lembang, Bandung.
Menurut Eko Wahyudi mewakili Disnakertransoos dari kebumen jawa Tengah mengatakan" merasa tertantang dalam pelatihan nasional di lembang,karena bertemu dengan para pendamping yang nantinya menjadi pengabdi masyarakat untuk pertumbuhan eknomi yang hari ini bangsa indonesia membutuhkan para pendamping di desa untuk penyerapan tenaga kerja pedesaan,"

" Eko menambkan," ada sebuah bayangan yang mulia dii abad XX  atau abad ekonomi, yang di ramaiakn dengan ACFTA dan perang pasar bebas yang semua serba kekuasaan materi menjadi kiblat dan raja bagi pasar dunia untuk merebut pasar desa desa di idonesia, oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus mampu membuat produksi sendiri  sehingga desa ramai dengan UKM dan tidak ada pengangguran," jelasnya,
Kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan Binapenta Kemenakertrans  diadakan di Lembang, Bandung merupakan angkatan ke 4, seperti yang diketahui bahwa BBPPK Lembang merupakan unit pelaksana teknis pusat yang berdiri tahun 2005, dengan harapan BBPPK menjadi sentra pelatih bagi para pendamping penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

No comments:

Entri Populer