PLN sering “Byar Pet”


Kebumen. 16/November 2013
Penulis sering terima  SMS masuk ke hp, Penulis punya teman aktifis dari Lembaga pemerhati, Pengamal  Pancasila Kebumen LP3K sering disebut “Forum Pancasila Kebumen “, teman aktifis tersebut sering mengirim SMS bukan satu dua kali   kalau terjadi mati lampu (baca: byar pet). Terhitung awal bulan september, oktober, november  sering sekali pada bulan ini aja sudah 4 kali dan jam 14.00 sabtu 16 November 2013 teman tersebut SMS lagi matinya listrik. Penulis  bertanya dalam hati,”Ada apa sebenarnya gerangan dengan PLN ini kok sering “byar pet”?
“Byar Pet” jelas-jelas merugikan masyarakat, sebabnya apa sering “bya pet” warga yang menggunakan jasa listrik merugi. Walupun sudah ada peringatan dan himbauan dari PLN, kenapa “Byar pet “ nya sering sekali,” ?musim hujan atau karena ada gerakan menaikkan harga, atau memang ada unsur kesengajaan, atau memang kerusakan jaringan listrik dan sebab-sebab  lain “byar pet” PLN di Kebumen. Dari sekian sebab alasan, seharusnya perusahaan BUMN listrik yang terkaya nomor 2 ini harus berbenah diri.
“ Byar pet”  Warga lapor PLN.
Penulis, atas kejadian SMS protes dari aktifis Forum Pancasila, jadi ingat  kisah nyata tahun 2004 “byar pet” protes warga RT 04 kedawung RW 07, protes warga  karena redupnya penerangan listrik ,waktu itu salah seorang warga mengumpulkan KTP sejumlah 35 KK. lalu  warga lapor ke PLN kebumen, terus laporan itu langsung ketemu direktur PLN Kebumen. Warga ditemui Direktur PLN, jawabana keluhan direktur, itu urusan PLN cilacap,”akhrinya warga kecewa.
Akhinya, warga sepekat menuliskan release berita ke salah satu koran media cetak ternama, keluhan “byar pet” oleh warga di muat beritanya, akhirnya sore jam 17.00 setelah didimuat koran ada mobil 3 unit PLN datang langsung ke warga RT 04 Rw 07 Kedawung, petugas PLN  menangani naik rumah dan menegecek sambungan kabel dan jaringan. Waktu itu warga spontan untuk tidak mau dimintai uang pembayaran dari petugas . Karena warga tahu sudah membayar 9 % untuk pajak dan pelayanan PLN. Tulisan dibalik pembayaran rekening listrik warna kuning.
Sebulan lalu, ada warga RT 04 Rw 07 Kedawung itu mengeluh lagi, karena sudah lima tahun lebih pasca pengecekan instalasi listrik, kini listrik kembali “Byar pet”.. byar pet… “byar pet” .. ! . Karena tambah hari ada tambah tahun pemasangan kabel tambah banyak, warga kini mendesak PLN minta penguat daya bernama TRAVO dipasang tiang listrik. “Byar pet”. Byar pet. !!!
 Akhirnya warga kompak tidak membayar dan mengawasi petugas selesai .Apakah warga  Kebumen tahu cara-cara yang diadukan konsumen ke warga ke PLN. Warga tidak semua tahu? Apa PLN memang cara menangani kalau sudah keluhan warga memuncak? Atau ada apa pelayanan kurang maksimal.semoga PLN Kebumen  tidak sreing “Byar pet” (NI)


No comments:

Entri Populer