Perajin Kain Perca Khusna Handicraft


News Indonesia.
Bahan baku dari kain perca, berasal dari limbah perusahaan konfeksi garmen dari Jakarta dan Tangerang. usaha ini berawal karena keadaan, Wariyati sosok perempuan mantan buruh pabrik ini melihat peluang dengan wirausaha, Selain itu bagi Wariyati perempuan desa harus bisa maju.Seiring sukses usaha kain perca berjalan. 

Nama lengkap Wariyati Puspita S tetap melakukan wirausaha sekaligus melakukan pemberdayaan perempuan, melibatkan tetangga sekitar perempuan untuk mengisi waktu luang bagi perempuan menjadi produktif.

"Khusna Handicraft", nama usaha Wariyati ini  desa Kaligending, Karangsambung. Kerajinan perca Khusna Handicarfat memiliki model dan motif trend masa membuat asesoris, dinding ruang tamu dan kebutuhan rumah tangga. Wariyati Puspita S, mengagtakan," Siapapun sebenarnya bisa membuat produksi tersebut, asal ada kemauan maju.". kata Wariyati.

Wariyati kini merekrut puluhan penjahit perempuan desa tetangganya,  Wariyati sosok perempuan mandiri, ulet dengan jiwa kewirausahaan. tahun 2013 bersama jaringan kelompok 39 penjahit tersebar di Karangsambung sebagau basis usaha, Gombong, Karanggayam, Kebumen, Pejagoan dan Puring.semakin diminati.

Khusna Handicraft didirikan Ruwiyati tahun 2012 lalu, sampai saaat ini perkembangan usaha home industri berbasis perempuan ini cukup berkembang. Untuk harga produksi raletif murah, Rp 10.000,- sampai dengan Rp 45.000,-. hasilnya dipasarkan melayani konsumen di pasar dan toko Kebumen serta sampai  Tangerang, Bogor, Jakarta dan   Riau luar pulau Jawa Sumatera.

Menurut Wariyati," Awalnya terinspirasi belajar dengan Bu Irma Suryati (salah seorang perempuan penyandang cacat yang kini jadi pengusaha sukses Kebumen), Ruwiyati dikembangkan dengan mengajak perempuan bekerja setelah bekerja di rumah, bagi permpuan ada keuntungan yakni para perempuan mendapatkan ketrampilan dan mendapatkan keuntungan.


Wariyati menambahkan,” Selain produksi, . Khusna handicraft juag bergerak di pendidikan wirusaha dengan memberikan pelatihan dengan harga peket 4.000.000 meliputi 2 unit, mesin jahit, 1 kwintal bahan baku, dengan waktu sehari plus pembinaan dua bulan sampai mahir. Jelas Wariyati. 
Untuk informasi Hubungi Eko Wahyudi 087732663618 (NI)

No comments:

Entri Populer