Jurnalistik Untuk Pemuda Islam









Eko Wahyudi SPd,I*
Assalamu’alaikum Wr.wb

Sejarah Jurnalistik pada zaman Yunani kuno sudah ada, sebelum masa peradaban, seiring dengan perjalanan peradaban Islam, manusia berpikir untuk menjaga dan mengembangan nilai kebudayaan dan jaman dimasa datang. Kini jaman memasuki jaman peradaban teknologi dan pasar bebas dunia, Ilmu komunikasi sangat berperan sebagai garda depan dalam peradaban perubahan jaman.

Jurnalistik Pada masa kerjaan Kerajaan Romawi sudah ada, cara  pengetahuan kebudayaan, prakatek kegiatan manusia pada jaman pra-sejarah atau jaman batu, orang tidak mengenal ilmu pengetehuan yang semaju sekarang. Orang jaman dahulu sudah melakukan kegiatan-kegiatan jurnalistik dimulai dengan tanda atau morse yang dibuat dengan daun-daun pohon, dengan tulisan dan simbol simbol misal ; buah pepaya, rumput, ilalang dan suara/audio.

Seiring dengan perkembangan Agama Islam, para pemikir Islam juga menggunakan media jurnalistik, dakwah kesenian, serta pendidikan islam di masyarakat. Oleh karena itu kemajuan manusia perkembangan budaya manusia, pada akhirnya menciptakan inovasi karya manusia perkembangan ilmu-ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu agama Islam. Komunikasi sebagai alat transaksi pengetahuan dengan tujuan agar yang menyampaikan isi pesan dan sampai dengan sasaran pembaca / pendengar (konsumen media).

Semua bidang kehidupan sekarang ditopang dengan peran jurnalistik komunikasi, perdagangan, sosial politik, kebudayaan, pertaniaan dan pendidikan dan termasuk dakwah Islam menjadi sebagai penting dalam peradaban pasca millenium Teknologi ini.

Jurnalistik adalah ilmu komunikasi masa atau dalam agama Islam Jurnalistik sama dengan bagian dari dakwah umat, dengan menggunakan bahasa pitutur, lesan, bahasa gambar, video/audio ataupun juga tulisan.

Pada perkenalan ilmu Jurnalistik  singkat ini, perlu adanya kebangkitan para pemuda Islam bergerak mengisi kegiatan masyarakat sekolah, masjid dan momen kali ini Amaliah Ramadahan 1434 H ini atau tahun 2013 M ini sangat tepat untuk menjadikan kekuatan tujuan pendidikan bagi karakter pendidikan bagi pemuda dan pelajar Islam.

Bagaiamana cara menguasai jurnalistik dakwah?
1. Membaca: untuk menambah ilmu pengetahuan dan dasar dan perkembangan Islam
2. Mengkonsep  alur Jurnalistik;
Untuk dakwah Islam dengan bahasa dan tulisna, serta suara dan gambar
3 Menguasai teknologi baik teknik dan  peralatan
4. Jenis karya jurnalistik
CD dakwah, Buletin jum’at , majalah, majalah dinding, koran pemuda Islam, bentuk Online blogspot, FB, Twiter dan ratusan media internet .
5. Cara yang benar menguasai ilmu Jurnalistik dakwah

Sample Cara membuat buletin?
1. Dasar –dasar jurnalistik
2. Bentuk media jurnalistik
3. Cara menulis
4. Tehnik wawancara  (5 w +1H)
5. Editing
6. Lay outer
7. Sirkulasi
8. Manajemen pengelolaan

Praktek Wawancara?

1. Peserta dibagi kelompok sesuai dengan kebutuhan
2. Wawancara dengan komunitas masyarakat sekitar (alam sekitar)
3. Praktek penulisan
4. Evaluasi hasil.

Rencana tindak lanjut (RTL);
Untuk perkenalan jurnalistik ini, sebagai awal untuk pendidikan pengenalan pelajar pemuda atau  untuk menjadi rencana tindak lanjut (RTL) perlu adanya pembahasan pembahasan antara peserta dengan pemateri dan panitia.


Perlu pembahasan khusus pasca materi penyampaian, RTL misal; diantaranya praktek pembuatan bloger, pelatihan dakwah produksi CD, pembuatan majalah sekolah, buletin jumat masjid atau lainnya yang bisa di jalankan oleh semua pihak.

Wassalamu’alaikum Wr, Wb
Selamat belajar



Eko Wahyudi SPd,I
Alamat:Kedawung, Pejagoan, Kebumen,
HP: 087732663618, Twiter: Sang Merah, FB & Emai; jualkoran.kbmekspres@yahoo.co.id
Bekerja di Koran Kebumen Ekspres Jawa Pos Grup 2011-sekarang

No comments:

Entri Populer