Makam Bupati I Ambal Kurang Diperhatikan


Kebumen, 23/6/12
Kondisi makam Alm.K.R.A.A. Poerbonegoro bupati Ambal I  dari keturunan trah Kolopaking babad alas Kebumen yang memimpin Kabupaten Ambal dari 1830-1872, kondisi saa ini kurang di perhatikan oleh Pemerintah daerah Kebumen, makam Alm K.R.A.A Poerbonegoro sebagai situs sejarah yang sangat mahal harganya, serta investasi wisata untuk ziarah dan studi sejarah ini belum sepenuhnya diperhatikan.
Juru Kunci makam bapak Slamet (59) mengatakan, ”Jalan ke lokasi belu beraspal, penerangan makam belum ada, tidak adanya kesejehteraan kepada juru kunci (penjaga makam), serta tidak adanya rumah juru kunci untuk melayani tamu yang hendak datang ke makam R.A.ABapal Slamet bercerita,” Alm. K.R.A.A Poerbonegoro merupakan Bupati 1 kabupaten Ambal sebelum terbentuknya kabupaten Kebumen, dikala itu memimpin Kabupaten Ambal yang mempunyai wilayah dari dari timur Congot sampai Karangbolong yang sering terkenal nama urut sewu. Pada masa kepmimpinannya K.R.A.A Poerbonegoro adalah sosok Bupati yang berjuang keras melawan penjajah Belanda bersama rakyatnya melakukan perang gerilya diwilayah urut sewu daerah Kebumen selatan, ungkapnya”
“Saya sudah mulai tahun 1972 sebagai juru kunci, 4 turunan dari Sayang, Kakek, Mbah dan orang tuanya saya untuk menja makam ini, dulu pernah dikumpulkan Pemda kebumen, yang intinya akan di beri kesejahteraan atau gaji yang sepantas kepada penjaga juru kunci makam se kabupaten kebumen, tetapi sampai sekarang belum kunjung datang dan bahkan tidak ada berita akan di beri kesejahteraan,” bebernya’
“Walaupun tidak diperhatikan dari pemerintah, baik kabupaten, atau desa ini kami tetap melayani tamu jika ada  yang hendak berziarah, pada prinsipnya ini sebuah tugas saya turun temurun IV turunan penjaga dari mbah, kakek, bapak  dan saya sekarang ini. sebagai bentuk pengabdian dan merasa tanggungjawab atas konsidisi makam ini. pungkasnya(e)

No comments:

Entri Populer